Sing Penting Yakin ! Bersama Menaruh Harapan di Jakarta : TBIG Creation 2017

Juni 19, 2018
Hallo sobat absurd, kali ini saya ingin curhat sedikit nih tentang pengalaman tahun lalu. Tapi sebelumnya aku pengen kenalin 2 Sahabat yang selalu menjadi partner in crime ku dalam dunia perrkuliahan haha :D

Mereka adalah Nina Wulandari dan si Raja Blogger Andrie Kristianto.
Ini Penampakan kami si trio absurd


Kemana-mana kami selalu bertiga.Belajar bertiga, touring juga bertiga, bahkan mendaki gunung juga bertiga. Kisah kami mendaki sudah pernah aku tulis sebelumnya, baca aja kisah pendakian kami di gunung Andong.

Sing Penting Yakin !

Waktu itu kami masih mahasiswa semester 2 di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, ya biasalah kehidupan anak kampus. Kuliah, pulang kerjain tugas, tidur pagi bangun pagi, ya gitu lah, sobat absurd yang anak kuliahan juga pasti mengerti perasaan kami haha.

Bulan Agustus masih awal-awal masuk kuliah. Kala itu ada kakak tingkat yang memberi kabar di grup line mengenai lomba membuat aplikasi smartphone android, yaitu TBIG Creation 2017 namanya. 

Ini Posternya kala itu

Awalnya sih kami acuh aja, karna ya memang kami belum tertarik ikut dan juga skill coding kami kan masih noob, untuk materi programing android saja baru akan kami dapatkan di semester 5 sedangkan kami saja baru semester 2. 

Tapi entah mengapa kok saya tergiur sama hadiahnya. Ya sudah saya coba aja lah ajak Nina sama Andrie untuk ikut kompetisi ini.

SING PENTING YAKIN !! meskipun kami noob, gak pernah yang namanya tahu tentang pemrograman android , tapi kami tetap gas aja nekat. IKUT !! nah entah ini akan menjadi perjalanan yang baik atau buruk buat kami, tapi tujuan awal kami ikut kompetisi setingkat nasional ini memang untuk mencari pengalaman. Jadi mau baik apa buruk gak masalah lah hahaha.

Setelah memang benar-benar yakin ikut, mulailah kami membuat pengajuan dana ke kampus untuk membiayai biaya pendaftaran kami yang kemudian disetujui dan akhirnya resmilah kami mendaftar sebagai peserta TBIG Creation 2017.

Apa itu TBIG Creation 2017





Nah TBIG Creation itu sendiri merupakan sebuah kompetisi yang diadakan oleh PT Tower Bersama Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang persewaan tower komunikasi seluruh indonesia. Wuuuh perusahaan besar ini. Tentu pasti gak main-main kompetisinya.

TBIC Creation 2017 diadakan dalam rangka hari dirgahayu PT Tower Bersama Group. Bentuk kompetisinya adalah tentang memberikan solusi mengenai masalah yang terjadi di Indonesia. Nah bentuk solusi itu ada 4 kategori yaitu

1. Mobile Application

2. Desktop Application

3. Web Application

4. Multimedia Application

Untuk masalahnya sendiri juga dibatasi hanya di lingkup :

1. Smart Home / Residence

2. Smart Office

3. Smart Public Service

4. Smart Transportation

5. Smart Telco Solution

Kompetisi ini diadakan pada bulan Juli 2017 sampai dengan finalnya di bulan November 2017. Periode waktu Juli sampai dengan September itu pendaftaran, pembuatan dan pengumpulan proposal inovasi. 

Kemudian pada 11-15 September 2017 mulai untuk seleksei proposal yang sudah terkumpul. Baru tanggal 18 September 2017 finalis yang lolos seleksi proposal diumumkan.

Tapi itu baru awal, karena setelah lolos para peserta harus mulai mengerjakan proyeknya sampai dengan hari presentasi pada 6-7 November 2017

Perjuangan Dimulai


Karena sudah resmi menjadi peserta ya komitmen harus jalan dong. Kami mulai membuat proposal inovasi kami. Karena banyak tugas kuliah yang numpuk juga jadi pengaturan kami sedikit kacau. Jadi nih ada cerita unik. Sebenernya kami membuat proposal itu hanya satu hari jadi, pas hari terakhir pengumpulan hahaha ngakak ya.

Malam detik-detik deadline pengumpulan waktu itu penuh dengan umpatan karena pada waktu itu pembuat kontennya adalah saya dan Nina, kemudian desainer nya Andrie. waktu itu kami masih berdebat masalah nama aplikasi kami. Dan pada akhirnya sepakat lah kita menggunakan nama Boolala untuk nama aplikasi kami. 

Boolala itu aplikasi apa ? Nanti saya jelaskan wuehehe

Boolala Aplikasi Ibu Hamil Masa Kini






Jadi ide kami adalah membuat aplikasi smarphone berbasis android dengan kategori smart public service. Kami membuat Boolala.

Boolala adalah sebuah aplikasi smartphone berbasis android yang memiliki fungsi untuk membantu para ibu hamil di Indonesia untuk mengontrol kehamilannya. Untuk fitur apa saja tidak akan saya jelaskan secara detil ya. Mungkin nanti akan saya bahas di postingan tersendiri untuk bahas Boolala ini.

Kenapa kok Boolala ? Kenapa kok ibu hamil ?
Ya karena kami melihat permasalahan di Indonesia adalah masih tingginya angka kematian bayi dan ibu hamil. Dan salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya akses informasi yang tepat untuk ibu hamil. Disini yang kami lihat informasi menjaga kesehatan untuk ibu hamil itu masih sekedar dari pengalaman orang tua, jadi kadang masih kental dengan nuansa mitosnya, dan tanpa pendampingan informasi dari pakarnya langsung.

Nah harapannya kehadiran Boolala mampu memberikan kemudahan akses informasi bagi para ibu hamil di Indonesia. Dengan informasi yang tepat maka kualitas kesehatan ibu hamil dan bayinya pun bisa lebih baik, sehingga mampu mengurangi lagi angka kematian bayi dan ibu hamil di Indonesia.

Itu sekilas tentang Aplikasi yang kami buat.

Perjuangan Level 2

Setelah proposal terkumpul, hari demi hari kami cuma deg-degan aja sih menunggu hasil. Dan tibalah masa pengumuman. Gak disangaka kami lolos menjadi finalis dalam Ajang TBIG cration tingkat nasional ini.

Total Ada 16 Finalis yang lolos dari berbagai universitas di Indonesia. Senang tapi gak Percaya Diri sih ketika melihat pengumuman itu. Senang karena ini menjadi pencapaian terbesar kami selama kuliah, Gak percaya diri karena kami masih seorang mahasiswa semester 2 yang belum punya ilmu banyak, melihat finalis yang lain dari universitas besar yang sudah terkenal jadi bikin kami lebih gak percaya diri kan.

Tapi tetap pada semboyan kami, SING PENTING YAKIN !! jalani ajalah , menang kalah pun ini sudah menjadi pencapaian terbaik kami saat itu. 

Mulailah kami bekerja membuat real aplikasi nya ini. Siang Malam CODING dan CODING, karena ini pengalaman pertama kami di Android kami masih dibimbing oleh dosen dan beberapa kakak tingkat. Mereka selalu ada saat kami menanyakan sesuatu tentang teknis code nya haha. Mereka lah tim di balik tim boolala.

Perjuangan level 3

Hari demi hari berlalu, tiba juga hari berangkat ke Jakarta untuk show off aplikasi kami. Wuuh deg-degan gilak. Gak nyangka kami akan bersaing dengan Universitas ternama dari seluruh Indonesia. Kami gak grogi masalah presentasinya sih, soalnya memang sebelumnya kami sudah latihan simulasi presentasi dengan Kaprodi dan beberapa dosen di Universitas kami, jadi ya merasa sudah siap saja sih buat presentasi. Tapi yang bikin grogi itu melihat presentasi dari Universitas lain yang juga keren-keren dan melihat ide-ide aplikasi yang keren juga itu loo.

Setelah presentasi agak gak nyangka sih bisa sukses besar membuat juri terkagum. Banyak pujian daripada kritikannya. Selesai presentasi pun kami di beri salam oleh semua juri dan beri ucapan selamat, dimana peserta lain yang saya lihat gak ada yang diberikan salam dan ucapan selamat. Wah pertanda apa ini, tp kami tetap gak boleh puas dulu, karena masih banyak peserta lain yang belum presentasi kan.

Hari presentasi selesai dilanjutkan dengan expo aplikasi kami di kantor Tower Bersama Group. Di Expo ini kami mulai berkenalan dengan teman-teman lain. Asik nih kami dapat teman-teman baru. Di akhir expo kami diajak keliling kantor dan sedikit penjelasan tentang apa itu PT Tower Bersama Group. Yang bisa saya katakan disini cuma PT Towe Bersama Group adalah perushaan besar karena wilayah bisnisnya sudah mencakup seluruh daerah di Indonesia.


Puncak Harapan Kami


Tibalah di hari terakhir, yaitu makan malam bersama dan pengumuman juara. Perayaan makan malam dalam rangka hari dirgahayu PT Tower Bersama Group disambut meriah dengan penyanyi yang keren, dance dan sedikit stand up comedy. 

Sambil makan, sambil harap-harap cemas. Tapi sekali lagi tim diingatkan untuk tidak terlalu memikirkan masalah menang kalah, yang penting sudah bisa duduk bareng di Jakarta ini sudah sebuah kebanggaan kok.

Dan hasilnya adalah

Juara 1 Puji Tuhan, Yang cewek itu Nina, yang Tinggi Andrie, Yang pendek ga usah tanya siapa, yang kanan baju batik itu Dosbing terbaik Pak Argo


Saat itu juga gak tahu lagi kami mau berekspresi seperti apa. Dapat juara 1 dan mendapat hadiah 30 juta rupiah, gak terbayang kalau harapan kami saat itu bukan sekedar harapan lagi. Kami bisa pulang dengan bangga, sebuah pencapaian terbesar kami.

Dari pengalaman ini saya punya mendapat nilai pembelajaran yang tidak akan terlupakan. Yaitu SING PENTING YAKIN !! tidak perlu takut, cukup percaya diri saja. Karena kalau memang mau belajar dan berkembang tidak perlu takut dan minder hanya karena melihat orang lain yang lebih baik.

Perjuangan level 99999


Setelah dari lomba TBIG Creation 2017, bukan berarti tanggungjawab juga selesai. Justru tantangan semakin besar untuk mengembangkan aplikasi Boolala dalam rangka mewujudukan tujuan awal yang memang ingin kami raih dengan aplikasi Boolala. Yaitu meningkatkan kualitas kesehatan bagi ibu hamil dengan menyediakan akses informasi yang tepat  dan mudah.

Ini hanya sekedar catatan yang aku tulis sebagai pengingat bagi diriku sendiri bahwa aku pernah punya pengalaman luar biasa dengan sahabat-sahabatku. 

Harapan itu ada, jangan pernah lelah berharap.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.