Surga Tersembunyi di Wonogiri

Juli 27, 2017
Haloo sobat Absurd. Kali ini aku pengen berbagi pengalaman absurd ku berpetualang di Wonogiri. Awal mula kenapa aku bisa sampai disini juga tidak terduga. Semua cuma berawal dari Instagram :D. Nah dari Instagram itu ada postingan foto bagus banget lokasinya di Wonogiri. Wah pikirku kan dekat dengan rumah kan (Wonogiri Dekat dengan Klaten) makanya tanpa perencanaan langsung aja cussss deh hehehe.

Bukit Cumbri, Wonogiri

Bukit Cumbri

Kemana tepatnya aku berpetualang ? Yak di Bukit Cumbri Wonogiri. Sebelum lebih jauh kita kenalan dulu sama Bukit Cumbri ini. Bukit Cumbri ini sebenarnya terletak di perbatasan Wonogiri dan Ponorogo, namun masih masuk di kawasan Wonogiri. Bukit Cumbri Wonogiri ini cocok sekali untuk pemanasan sebelum mendaki gunung, cocok untuk melatih kaki agar lebih siap. Medan di Bukit Cumbri juga bagus untuk latihan para pendaki pemula untuk sekedar mencicipi bagaimana rasanya mendaki, medannya cukup menanjak dan hampir seluruh nya masih berupa jalan bebatuan (bukan tangga-tangga yang sudah dibangun). Bukit Cumbri Wonogiri memiliki ketinggian 638 mdpl(meter diatas permukaan laut) tidak terlalu tinggi namun dengan medan yang cukup melatih otot kaki hehe :D

Alamat Lengkap Bukit Cumbri

Kalau untuk alamat lengkapnya sendiri, Bukit Cumbri terletak di Desa Biting, Purwantoro, Wonogiri. Kalau dari tempat saya (Klaten) kira-kira bisa ditempuh 4 jam perjalanan dengan menggunakan motor. Dan itupun melewati jalan antar provinsi jadi jalannya enak. Rute menuju Bukit Cumbri ini dari Klaten tentunya dengan melewati jalan antar provinsi menuju wonogiri, setelah sampai di wonogiri cari jalan yang menuju ke Ponorogo. kalau waktu itu kami juga masih memakai jalan antar provinsi jadi enak tinggal lurus aja.

Gerbang Selamat Datang Ponorogo

Nanti sobat absurd akan sampai di gerbang perbatasan Ponorogo seperti foto diatas. Namun jangan masuk kesitu, karena kalau sudah melewati itu berarti sobat absurd sudah meninggalkan Wonogiri dan masuk ke Ponorogo. sebelum gerbang perbatasan Wonogiri-Ponorogo ada pertigaan, nah sobat absurd ambil belokan ke kiri. Dan dari situ sobat absurd tinggal ikutin tanda saja, soalnya memang sudah ada penunjuk arah ke Bukit Cumbri ini.

Tiket Masuk ke Bukit Cumbri 2017

Tiket Masuk ke Bukit Sendiri terakhir saya kesana tahun 2017 ini masih GRATIS ! jadi saya kesana hanya membayar parkir untuk motor saja sebesar Rp 2000. Nih kalau kalian mau wisata yang murah meriah. Datang saja ke Wonogiri.

Bukit Cumbri yang Istimewa

Seperti yang saya ceritakan di awal sebelumnya saya belum pernah tahu apa itu Bukit Cumbri, dan pertama kali tahu ya hanya dari Instagram. Jadi tujuanku datang ke Bukit Cumbri Wonogiri ini adalah untuk menjawab rasa penasaranku apakah benar Bukit Cumbri Wonogiri seindah yang ada Instagram.

Perjalanan kami mulai dari tempat kami parkir motor. Di tempat parkir motor ini ada banyak warung dan orang jualan. Jadi jika sobat absurd belum sempat mempersiapkan bekal bisa beli disini saja. Tapi waktu itu kami langsung saja mendaki karena memang sudah membawa minum dan makanan yang cukup sih.

Di awal perjalanan medan masih belum terlalu menanjak sehingga rasa lelah pun belum ada. Namun ternyata hal itu hanya sebentar saja karena setelahnya medan sudah mulai berat dan cukup menguras tenaga.

Hari itu kami berjumlah 4 orang termasuk saya. 3 diantaranya adalah veteran pendaki yang pernah mendaki gunung merbabu juga, kalau mau kisah lengkapnya pendakian gunung merbabu bisa cek di Indahnya Merbabu yang Bikin Candu. Nah yang buat saya tercengang adalah teman saya yang satu lagi yang belum pernah ada pengalaman daki-mendaki justru adalah yang paling kuat dan dia cewek lagi :D hahaha rasanya malu juga sih.

Hari itu sedikit gerimis, dan saya juga khawatir jika nanti hujan lebat karena tidak ada tempat evakuasi untuk berteduh dan kami pun tidak membawa jas hujan juga. Namun Tuhan masih memberikan perlindunganya dan hari itu pun justru berubah menjadi cerah.

PUNCAK !

sekitar 45 menit kami mendaki akhirnya sampai juga di PUNCAK. Dan wow, semua rasa penasaran saya terjawab saat itu juga, Apa yang saya lihat di Instagram ternyata sama dengan apa yang saya lihat saat itu, dan bahkan lebih indah. Di puncak angin cukup kencang juga sih jadi sobat absurd jangan lupa bawa jaket, biar tidak dingin.

Di puncak Bukit Cumbri Wonogiri ini pemandangannya benar-benar indah. Gugusan perbukitan hijau yang berbaris rapi membuat mulut tidak bisa bicara lagi, hanya hati yang benar-benar mengucap syukur dan kagum atas indahnya alam ini. Tak perlu di Komando langsung saja lah kami foto-foto. Sekitar pukul 16.00 kami pun mulai beranjak dan turun kembali untuk segera pulang. karena mengingat perjalanan ke Klaten masih 4 jam jadi kami tidak mau jika terlalu malam pulang.

Tips Mendaki di Bukit Cumbri Wonogiri

Untuk bisa menikmati keindahan maksimal di Bukit Cumbri Wonogiri, maka saya beri sedikit tips yang saya dapatkan dari teman-teman yang juga pernah ke Bukit Cumbri juga.

1. Bukit Cumbri Wonogiri adalah tempat yang kurang tepat untuk melihat sunset. Alasannya adalah karena di sekitar Bukit Cumbri Wonogiri adalah gugusan perbukitan sehingga pemandangan sunset akan tertutup gugusan bukit tersebut.

2. Jalan menuju puncak cukup sempit dan terjal, jika tidak hati-hati bisa terpeleset dan jatuh ke jurang. Karena itu disarankan untuk tidak TURUN ketika hari mulai GELAP.  Jadi kalau bisa sebelum maghrib sobat absurd sebaiknya sudah mulai turun, minimal sudah melewati jalur tersebut.

3. Bukit Cumbri Wonogiri justru tempat yang tepat untuk menikmati Sunrise. Disini pemandangan langit Sunrise nya indah banget. Maka sangat rekomended banget buat sobat absurd mendaki di pagi hari supaya dapat sunrise yang HOT banget hehe :D

Pemandangan Sunrise Bukit Cumbri (sporttourism.id)

4. Jika sobat Absurd cinta dan hobi fotografi, maka saran saya berangkatlah pagi-pagi. Karena foto disini akan lebih bagus dengan pemandangan kabut yang menutupi gugusan perbukitan, jadi sudah serasa berdiri di atas awan. Tapi ya untuk menunggu momen seperti itu memang tidak mudah juga sih, harus sabar dan untung-untungan juga :D. dibawah aku kasih beberapa contoh fotonya nih

Peringatan Keras !

Disini saya juga mengingatkan, untuk sobat Absurd yang khusunya akan atau sudah berkunjung ke Bukit Cumbri Wonogiri. Saat saya mendaki kemarin, saya melihat sekumpulan remaja tanggung yang PACARAN dan BERMESRAAN. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan melanggar etika yang ada, karena tempat seperti ini bukanlah tempat yang sesuai untuk melakukan aktivitas seperti itu. jadi sebisa mungkin hindari lah maksiat ya di tempat umum seperti Bukit Cumbri Wonogiri ini :D.

Dan juga tolong untuk menjaga kebersihan yang ada hanya dengan membawa turun sampah yang anda bawa. Karena kemarin saya juga melihat rata-rata pengunjung belum memiliki rasa tanggungjawab menjaga kebersihan dengan meninggalkan botol bekas minuman dan plastik kresek seenaknya sendiri. Jika alasannya karena tidak tempat sampah, toh kalian membawa tas, dibawa dulu sampai bawah baru dibuang di bawah.

Karena bukan apa-apa, seperti yang saya sampaikan sebelumnya kalau Bukit Cumbri Wonogiri adalah tempat wisata gratis. Artinya pengelola disitu hanya mendapatkan penghasilan yang tidak seberapa kan. Maka dari itu tolong sama-sama kita menghargai dan ikut membantu meringankan pekerjaan para pengelola Bukit Cumbri Wonogiri. Toh dengan begitu akan menguntungkan kita juga kan, karena dimana lagi ada Tempat Wisata Gratis yang Istimewa seperti Bukit Cumbri Wonogiri.

Jadi itulah sedikit pengalaman dan semua yang bisa saya bagikan. Jadi ayo tunggu apalagi sobat absurd. Segera datang ke Wonogiri dan temukan Surga tersembunyi, Bukit Cumbri Wonogiri

QUOTES
" Mendaki lah, lalu lihatlah betapa kecilnya sebenarnya kamu "