Gunung Andong dan Puncaknya yang Malu-Malu

Juli 29, 2017
Hallooo sobat Absurd, pada post kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman absurd saya saat mendaki Gunung Andong. Pendakian ini sudah cukup lama juga sih, sudah sekitar Oktober 2016 lalu, ya sudah hampir setahun :D. Oke cuss langsung saja inilah pengalaman ku.

Sekilas Tentang Gunung Andong

Gunung Andong Magelang

Gunung Andong adalah sebuah Gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong merupakan salah satu Gunung kecil yang ada di Jawa Tengah dengan ketinggian 1726 mdpl (meter diatas permukaan laut). Nah karena itulah Gunung Andong juga merupakan salah satu Gunung yang cocok untuk latihan para pendaki pemula. Sebelumnya saya juga pernah menulis tentang Gunung Merbabu yang juga merupakan Gunung yang cocok juga untuk para pemula. Yang belum baca bisa baca disini Indahnya Gunung Merbabu yang Bikin Candu

Namun jangan salah tetap saja dengan ketinggian yang mungkin bisa dibilang tidak terlalu tinggi, Gunung Andong tetap memiliki pemandangan dan medan pendakian yang luar biasa. Intinya jangan pernah meremehkan alam ya sobat :D.

Asal Mula Nama Gunung Andong

Untuk bagaimana asal mula nama Gunung Andong ini sendiri ada 2 versi setahu saya. Cerita dari versi Masyarakat sekitar, nama Gunung Andong dipercaya diambil dari nama Daun "Andong" Nah daun ini sering dipakai masyarakat untuk acara "Slametan" atau dalam bahasa Indonesia "Selamatan" yang memiliki makna "Selamat" dan mengapa memakai daun Andong ? karena menurut kepercayaan juga daun Andong memiliki makna "Andongo" yang berarti berdoa. Sehingga nama Gunung Andong kurang lebih bermakna Doa untuk memperoleh keselamatan dan perlindungan.

Jika dari versi para pendaki, nama Gunung Andong diambil karena puncak Gunung Andong yang bentuknya mirip seperti punggung sapi yang biasa menarik gerobak Andong. Makanya jadi banyak pendaki yang menyebut puncak Andong, dan jadilah sebutan gunung Andong :D.

Biaya / Tiket Masuk Gunung Andong 2017

Biaya Masuk / Tiket Masuk untuk melakukan Pendakian Gunung Andong terbaru yang terakhir saya tahu adalah sebesar Rp 5000 dan ditambah dengan biaya parkir Rp 5000. Dengan biaya sebesar ini dibandingkan dengan pengalaman dan pemandangan yang didapatkan tentu adalah harga yang sangat MURAH. sehingga hal ini membuat Gunung Andong menjadi salah satu destinasi wisata murah di Magelang.

Gunung Andong, Lets Go !

Pemandagan Gunung Andong

Dalam pendakian kali ini kami berjumlah 4 orang, ada aku dan bersama 3 temanku. Kami memulai pendakian ini melalui jalur Magelang. Mengapa Magelang ? Karena Kota Magelang dekat dengan kota kami tinggal yaitu Klaten. Pada saat itu adalah pendakian pertama kami juga di Gunung Andong, ya berbekal info dari internet juga tentang Gunung Andong sampai akhirnya kami benar-benar memutuskan untuk mendaki.

Dari Klaten sampailah kami di basecamp, udara dingin langsung menyambut kami. Kira-kira jam 18.00 WIB kami sampai Basecamp dan mulai bersiap-siap untuk memulai pendakian. Kami mulai mendaki sekitar pukul 19.00 WIB. perlahan tapi pasti kami mulai berjalan.

Di awal medan masih berupa jalan dan tangga yang masih nyaman untuk dilewati. Namun setelah itu, pendakian semakin berat dengan jalur yang menanjak. Selain itu udara malam yang dingin menjadi tantangan lain dalam pendakian ini. Meski tidak setinggi Gunung Merbabu, namun tetap saja pendakian ini cukup melelahkan dan menguras tenaga.

Setelah berjalan dan berjalan, tidak terasa kami pun sudah sampai di pos camp Gunung Andong. Kira-kira sekitar 2,5 jam perjalanan saja mendaki dari basecamp menuju pos camp Gunung Andong. Pada hari itu di pos camp ternyata sudah ada banyak tenda yang berdiri. Disitu kami masih sedikit kebingungan mencari tempat untuk mendirikan tenda karena memang sudah penuh semua. Takut juga sih kalau tidak kebagian tempat kita mau tidur dimana coba.

Namun beruntungnya ketemu juga tempat kosong untuk mendirikan tenda, dan itupun berada diantara tenda-tenda pendaki lain, jadi ya kurang nyaman juga sih karena ramai banget dan sempit. Sekitar pukul 22.00 WIB kami istirahat untuk bersiap ke puncak esok harinya.

Pagi Hari Berkabut di Gunung Andong

Tim Absurd But Well (Nina, David, Andrie)

Kira-kira pukul 05.00 kami bangun dari tidur kami, tapi ketika membuka kami keluar tenda cuaca hari itu berkabut sangat tebal hingga untuk melihat tenda pendaki lain pun tidak terlihat. Wah pikirku apes sekali nih kalau gak dapat sunrise di puncak Gunung Andong. Selama 1 jam kami menunggu namun kabut tidak kunjung reda. Yah apa boleh buat lah, sudah jam 06.00 WIB pasti matahari juga sudah tinggi. akhirnya kami memutuskan untuk tidur lagi deh hahaha :D.

pukul 09.00 WIB kami mulai benar-benar bangun dan Sarapan untuk jalan menuju puncak Gunung Andong. ternyata dari pos camp hingga ke puncak tertinggi Gunung Andong tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 menit saja sudah sampai. Tapi disitu mungkin ya kurang beruntung lagi, sudah cuaca nya masih berkabut, mau foto di tanda puncak Gunung Andong juga antri banyak. Rasanya badmood juga sih, tapi ya tidak apa-apa, karena aku mikir pasti yang kecewa pun juga banyak. :D

Puncak Gunung Andong

Setelah kebagian foto kami kembali ke tenda dan mulai istirahat lagi sebentar sebelum berkemas dan mulai turun

Hujan Menyambut Kepulangan Kami

Gunung Andong Magelang

Belum cukup disitu tantangan yang kami hadapi. Setelah semalam pendakian kami mulus-mulus saja, waktu turun kami di guyur hujan deras. Medan untuk turun jadi licin, dan membuat saya terus-menerus terpeleset hingga badan saya kotor semua. Tapi asyik banget deh perjalanan ini, aku gak menyesal dengan apa yang kami hadapi saat itu, malah kami enjoy aja :D.

Sampai di basecamp gak mungkin juga langsung pulang. Badan kotor penuh lumpur dan cuaca masih hujan, terpaksan kami istirahat cukup lama dulu di basecamp dan Mandi dengan air yang dinginya brrrrrrr. Setelah hujan reda kami mulai perjalanan pulang ke rumah.

Fakta Unik Seputar Gunung Andong

Selama pendakian di Gunung Andong, ada beberapa hal yang menurut saya adalah hal baru dan mungkin satu-satunya yang bisa sobat absurd alami saat mendaki gunung. Berikut adalah fakta unik Gunung Andong.

1. Letak Gunung Andong berseberangan dengan Gunung Merbabu, sehingga dari Puncak Gunung Andong sobat Absurd bisa melihat dengan jelas gagahnya Gunung Merbabu.

2. Ada Warung Kopi di puncak Gunung Andong. Nah ini adalah hal unik dan hal baru yang saya temui dalam pengalaman mendaki saya. Kerena di puncak gunung Andong ada warung kopi ! disini kita bisa charge HP juga hahahaha Unik ya.

3. Tapi tidak ada toilet di puncak Gunung Andong. Meski ada Warung Kopi yang menyediakan aneka minuman dan makanan. Tapi di puncak Gunung Andong tidak ada Toilet, ya seperti gunung pada umumnya juga sih. kalau mau buang air maka menyatulah dengan alam hahaha :D

4. Ada sinyal internet di Puncak Gunung Andong. Hal inilah yang paling mengejutkan bagi saya. Kapan lagi kita bisa dapat sinyal internet saat berada di puncak Gunung hahaha. Tak tanggung-tanggung, sinyal yang bisa didapatkan adalah sinyal 4G :D hahahaha. Sampai bisa lo aku bikin story di instagram.

Itulah sedikit pengalaman Absurd saya yang bisa saya bagikan. Bagi kalian yang bingung mau latian mendaki dimana atau hanya sekedar pemanasan sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi. AYO buruan ke Magelang dan nikmati indahnya pemandangan puncak di Gunung Andong. Atau kalau enggak yuk kita mendaki bareng :D haha.

Quotes
" Mengeluhlah secukupnya saja, karena semua pasti akan menjadi lebih baik"