Seven Summit of Indonesia : Mimpi Semua Pendaki

Agustus 02, 2017
Apakah sobat Absurd pernah mendengar istilah seven summit / seven summiters ? Kalau sobat absurd adalah seorang pendaki sejati pasti tahu lah apa arti istilah seven summit ini :D.

Seven Summit merupakan sebuah istilah untuk menyebut 7 puncak tertinggi yang ada di dunia yang diambil berdasarkan jumlah benua yang ada di Bumi ini. Benua tersebut meliputi Benua Afrika,Asia,Antartika,Amerika,Oceania, Amerika dan Australia.

Nah seven summit itu sendiri mengambil satu puncak tertinggi yang ada di masing-masing benua tersebut seperti contohnya Gunung Everest sebagai puncak tertinggi di Benua Asia, dan Gunung Carstenzs sebagai puncak tertinggi di Oceania. Namun tahukah kamu bahwa Indonesia juga mengadaptasi istilah tersebut sebagai seven summit of Indonesia. Untuk lebih lanjutnya yuk cek aja disini :D

Seven Summit of Indonesia

Peta letak 7 puncak tertinggi di Indonesia
Peta Letak 7 Puncak Tertinggi di Indonesia


Seven Summit of Indonesia merupakan sebuah istilah untuk menyebut 7 puncak tertinggi yang diambil dari 7 pulau dan kepulauan terbesar di Indonesia ini. Pulau dan Kepulauan tersebut meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Papua, gugusan kepulauan Maluku dan Gugusan Kepulauan Sunda Kecil.

Dari Pulau dan Kepulauan tersebut maka diambil lah 1 puncak tertinggi yang berada di masing-masing daerah tersebut sehingga didapatlah 7 puncak tertinggi yang ada di Indonesia.

Seven Summit of Indonesia dan Mimpiku


Sebelumnya aku memang bukanlah seorang pendaki handal dan ahli. Aku baru memulai pendakian pertamaku saja sekitar tahun 2013 lalu dan total dari Gunung yang berhasil aku capai baru 3 puncak Gunung dengan 5 kali pendakian total. 3 kali Ke puncak Gunung Merbabu, 1 kali ke puncak Gunung Andong dan 1 puncak ke Gunung Sumbing. Hehe saya masih noob kakak :D. Kalau sobat absurd belum baca kisah pendakian ku di Gunung Merbabu dan Gunung Andong bisa baca disini

atau baca juga pengalaman pendakian sederhana ku Surga Tersembunyi di Wonogiri :D hehe

Meski belum terlalu banyak melalang buana di pendakian gunung, namun aku tetap memiliki sebuah mimpi. Mimpi sederhana ku adalah menjadi seorang yang menyandang gelar seven summiters of Indonesia. :D ya bukan karena apa-apa juga sih, aku hanya ingin tahu bisa kah aku mengalahkan diriku sendiri di 7 puncak tertinggi di Indonesia, Sekalian aku ingin jalan-jalan keliling Indonesia juga sih hehe :D

Tapi saya yakin suatu saat bisa menjadi salah satu orang yang memiliki gelar seven summiters of Indonesia. Kalau sobat Absurd sudah menjadi seven summiters of Indonesia sharing dong, biar aku bisa lebih siap.:D
Nah apakah sobat Absurd juga memiliki mimpi yang sama ? kalau iya yuk kita mendaki bersama saja suatu saat nanti :D

Menjadi Seorang Seven Summiters of Indonesia


Untuk menjadi seorang Seven Summiters of Indonesia pasti butuh sebuah persiapan yang matang dan tidak instan. Dan seperti yang kita tahu saat ini bahwa mendaki gunung sekarang menjadi sebuah trend baru. Dan hal ini lah yang merugikan jika ada pendaki yang mendaki hanya sekedar mengikuti trend.

Para pendaki yang hanya mengikuti trend ini rata-rata mendaki hanya untuk sebuah ketenaranya saja di media sosial. Demi followers yang banyak mereka pun mengacuhkan norma-norma sekitar. Selain pendaki 'Trend' seperti ini ada juga tipe pendaki yang saya kurang suka, yaitu pendaki 'Modus'. Pendaki Modus yang suka mendaki dengan mengajak wanita demi 'MODUS' saja. Tapi saya yakin sobat Absurd semua bukan bagian dari 2 tipe pendaki ini. Tetap jadilah pendaki yang bijaksana :D.

Pendaki yang bijaksana maka sudah paham dan mengerti tentang apa alasan mereka mendaki dan apa mimpi mereka. Lalu bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menjadi seven summiters of Indonesia ?

1. Persiapkan Niat dan Mental

Niat dan Mental
Source by sovereignman.com

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah membuat niat dan melatih mental diri sendiri. Kenapa hal ini penting ? karena di alam bebas seperti itu lebih berbahaya dari pada saat kita berada di lingkungan kita sendiri. Karena alam punya sifatnya sendiri dan penuh kejutan, jadi kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. :D

2. Cari Pengetahuan dan Koleksi Pengalaman sebanyak Mungkin

Pengalaman
Source by playbuzz.com


Di tahap inilah saya berada hehe :D. Untuk niat dan mental saya sudah ada, tapi untuk pengetahuan mendaki saya masih perlu banyak belajar lagi dan koleksi pengalaman pendakian saya juga belum banyak. Sebisa mungkin berlatih dulu sebanyak mungkin dari gunung yang memiliki medan paling mudah. Koleksi lah pengalaman mendaki sebanyak mungkin dan belajarlah dari pengalaman tersebut, Karena tantangan di Puncak Tertinggi di Indonesia pasti lebih berat dan tanpa pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentunya bisa merepotkan kita semua.

3. Menabung !

Menabung
Source by mumstheword.me

Untuk bisa mencapai 7 puncak tertinggi di Indonesia tentunya tidak GRATIS ! kita tetap harus memperhitungkan semua kemungkinan pengeluaran. Apalagi yang menurut saya paling mahal adalah ketika sudah saatnya untuk mendaki ke Papua, Transport mahal, Biaya persiapan dan perlengkapan naik ke Jaya Wijaya juga mahal. Jadi benar-benar harus persiapan, jangan cuma modal nekad jika tidak mau repot nantinya hehe :D

4. Lakukan Perjalanan

Mendaki
Source by Pinterest.com

Jika niat, Pengetahuan, Pengalaman, dan Uang kita sudah dirasa cukup maka mulailah perjalanan pendakian mu dimulai dari Pulau dimana kamu berada dulu, biar lebih murah. dan Usahakan untuk mendaki di Papua adalah penutup nya karena selain medan yang susah dan butuh biaya yang cukup mahal, Di Papua lah terletak Gunung tertinggi di Indonesia dan sekaligus menjadi 7 puncak tertinggi di dunia. Nah kan bisa lagi tuh buat motivasi untuk menjadi Seven Summiters yang sebenarnya hehehe :D (Gak masalah mimpi tinggi-tinggi ya kan haha) 

Inilah Seven Summit of Indonesia 


Lalu dimana saja puncak-puncak tersebut berada ? nih langsung aja cek 7 puncak tertinggi di Indonesia (Seven Summit of Indonesia)

1. Pulau Sumatra, Puncak Gunung Kerinci (3805 mdpl)

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci source by kerincinews.co.id

Dari pulau sumatera ada Gunung Kerinci sebagai salah satu puncak tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci ini terletak di perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3805 mdpl (meter diatas permukaan laut) yang membuatnya di nobatkan juga menjadi salah satu Gunung tertinggi di Asia Tenggara. 

2. Pulau Jawa, Puncak Gunung Semeru (3676 mdpl)

Gunung Semeru
Gunung Semeru Source by cnn Indonesia

Di Pulau Jawa sendiri ada banyak Gunung yang memiliki ketingian lebih dari 3000 mdpl. Namun untuk yang tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru atau puncaknya biasa kita kenal dengan Puncak Mahameru. Gunung Semeru terletak di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, dan sudah masuk kedalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Semeru merupakan salah satu Gunung Teraktif di Indonesia, maka dari itu pendakian menuju Puncak Mahameru cukup berbahaya karena sampai sekarang Gunung Semeru masih aktif mengeluarkan awan panas dan gas beracun yang kehadiranya tentu sangat berbahaya bagi para pendaki.

3. Pulau Kalimantan,Gunung Bukit Raya (2278 mdpl)

Gunung Bukit Raya
Gunung Bukit Raya source by The7summitsofIndonesia.com

Gunung tertinggi di Pulau Kalimantan / Borneo sendiri sebenarnya adalah Gunung Kinabalu, namun wilayah Gunung Kinabalu sudah masuk ke wilayah negara Malaysia, sehingga Gunung Kinabalu tidak bisa dikatakan seven summit of Indonesia. Untuk Gunung Tertingginya yang masih di Wilayah Indonesia adalah Gunung Bukit Raya yang terletak di Perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Gunung Bukit Raya masuk dalam wilayah Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. Dan karena letaknya yang terpencil maka membutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa sampai di kawasan Gunung Bukit Raya ini. Banyak yang menyebutkan juga jika pendakian ke Gunung Bukit Raya adalah pendakian TERMAHAL kedua setelah pendakian di Gunung Carstenzs Papua. Wah jadi memang harus nabung kan :D

4. Pulau Sulawesi,Gunung Latimojong (3430 mdpl)

Gunung Latimojong
Pegunungan Latimojong source by surbaktineva.com

Gunung Latimojong merupakan gunung dengan puncak tertinggi yang ada di pulau Sulawesi. Puncak tertingginya sering kita dengar dengan nama Puncak Rante Mario. Gunung Latimojong ini terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Karena hutan di pegunungan Latimojong ini masih asri maka jangan heran jika mendaki disini sobat Absurd bisa saja bertemu dengan Anoa, ataupun Babi Rusa. Seru juga tuh haha tapi tetap hati-hati saja namanya kan juga binatang buas :D

5. Kepulauan Maluku, Gunung Binaya (3027 mdpl)

Gunung Binaiya
Gunung Binaiya source by yukpiknik.com

Kepulauan Maluku adalah salah satu kepulauan yang dijadikan satu kesatuan untuk gelar seven summit of Indonesia. Dan puncak tertingginya terdapat di Gunung Binaya yang terletak di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Untuk pendakian di Gunung Binaya ini sendiri membutuhkan waktu yang relatif lama sekitar 10 hari untuk pendakian normal. Benar-benar harus mempersiapkan waktu kalau mau mendaki disini. Tapi jangan salah, dalam pendakian nanti sobat Absurd akan disuguhi pemandangan indah Pulau Maluku. Ya sebanding lah dengan pendakiannya haha.

6. Kepulauan Sunda Kecil, Gunung Rinjani (3726 mdpl)


Gunung Rinjani
Gunung Rinjani source by hipwee.com

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung faforit para pendaki nasional dan bahkan internasional karena pemandangannya yang sangat indah. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang masih satu kesatuan dengan gugusan kepulauan Sunda Kecil. Gunung Rinjani adalah Gunung Aktif tapi tidak seaktif Gunung Semeru. Namun tetap saja sobat Absurd harus berhati-hati karena selalu musuh utama dalam mendaki gunung aktif adalah adanya gas beracun yang keberadaannya sulit dideteksi.

7. Pulau Papua, Puncak Carstenzs Pyramid (4884 mdpl)

puncak Carstenzs
Puncak Carstenzs source by obyekwisatamancanegara.blogspot.com

Dan yang terakhir adalah Puncak Crarstenzs Pyramid yang menjadi Puncak tertinggi di Indonesia sekaligus menjadi salah satu Gunung Tertinggi di Dunia. Puncak Cartenzs Pyramid terletak di pegunungan Sudirman Provinsi Papua. Yang unik disini adalah di Puncak Cartenz Pyramid ada salju abadi, cocok nih kalau sobat absurd ingin merasakan salju di Indonesia. Tapi semua itu juga sebanding dengan biaya pendakianya ya. Untuk mendaki ke Puncak Carstenzs sendiri membutuhkan biaya yang mahal, dan bahkan merupakan pendakian dengan baiya termahal di Indonesia. Maka dari itu jadikanlah Puncak Carstenzs ini sebagai penutup pendakian anda agar semuanya benar-benar terbayarkan di Puncak Carstenzs Pyramid. :D

Orang yang Sudah Menyandang Gelar Seven Summiters of Indonesia


Apakah sudah ada orang yang menyelesaikan 7 pendakian itu dan menjadi seorang seven summiters of Indonesia ? jawabanya adalah sudah BANYAK hehe :D 
Tapi yang akan saya bicarakan saat ini adalah seorang seven summiters of Indonesia yang baru-baru ini mencuri perhatian kita. Dia adalah seorang seven summiters of Indonesia termuda ! Siapakah dia ?

Khansa Syahlaa Aliah, Sang Seven Summiters of Indonesia Termuda !


Khansa Syahlaa Aliyah
Khansa Syahlaa Aliyah Sang Seven Summiters of Indone

Inilah dia Khansa Syahlaa Aliah yang menjadi pendaki puncak tertinggi termuda di Indonesia. di Usianya yang masih 10 tahun kala itu, dia berhasil menaklukan puncak tertinggi Indonesia yaitu gunung Carstenz Papua. Tapi tetap saja karena usianya yang masih sangat muda, dalam setiap pendakiannya tentu masih di dampingi oleh orangtuanya.

Lalu Bagaimana dia bisa menabung sebanyak itu hingga bisa naik ke Puncak Carstenzs ?
Kalau yang saya baca dari Jawapos.com, Pendaki cilik Khansa Syahlaa ini menjual mainan slime demi mendapatkan tambahan biaya untuk mendaki gunung. Tuh anak 10 tahun aja bisa nabung lo, kok aku gak bisa ya :D hahahahaha. 

Namun kita harus berterimakasih juga kepada pendaki cilik ini, karena dia memberika hal yang sangat mahal untuk kita, yaitu pengalaman dan juga kisahnya yang inspiratif, yang memberikan kita semangat lagi untuk bisa menyusulnya menjadi seorang seven summiters of Indonesia.

Seperti yang saya bilang di awal untuk menjadi seorang seven summiters of Indonesia bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu untuk latihan dan pastinya untuk menabung juga. Tapi percayalah sobat Abusrd pasti bisa jika sudah memiliki tekad dan niat yang kuat seperti pendaki cilik Khansa Syahlaa Aliah. :D Doakan juga saya bisa mencapai mimpi saya juga haha

Quotes
"Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu kejar biarkan ia menggantung, mengambang 5 cm di depan kening kamu"
-5 cm- Absurd But Well

5 komentar:

  1. wuihhh yang terakhir impian saya banget tuh, pengen banget kesana

    BalasHapus
  2. subhanAllah.. alam Indonesia ini begitu cantik, keliatan dari gunung2nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, mantab banget travelling di Indoensia, gak akan ada habisnya :D

      Hapus
  3. Online casino | The most popular of the games in casinos
    Online casino has exploded, and players have created more than 765 titles in every category of casino, from slots to www.ambienshoppie.com video poker to video

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.