Telegram dan Ancaman Terorisme. Saatnya Medsos Lokal Bersaing

Juli 24, 2017
Baru-baru ini Indonesia sedang dihebohkan dengan masalah isu pemblokiran media sosial telegram. Alasanya sih karena telegram dianggap sebagai media sosial yang dipakai teroris untuk berkomunikasi. Sebenarnya hal itu wajar saja sih, karena memang telegram memberikan fitur yang menjamin keamanan chat pengguna yang bahkan konon tidak bisa diretas oleh intelejen. Mungkin fitur itulah yang menjadi celah bagi telegram itu sendiri.

Sebelum bicara lebih jauh, yuk kita kenalan dulu siapa dan apa sebenarnya media sosial telegram ini ? Langsung saja cek yuk

Mengenal Media Sosial Telegram Lebih Dekat

Logo Medsos Telegram
Mungkin Sobat Absurd pun sudah sering mendengar medsos telegram ini, atau bahkan menjadi pengguna aktif dari Telegram. Kalo saya sendiri sih jujur gak pakai telegram sih haha, saya hanya tahu telegram dari teman yang pakai juga. Alasanya ya karena saya gak mau banyak-banyak pakai medsos, penuh RAM HP ku :D.

Telegram adalah sebuah media sosial chat berbasis cloud yang mengutamakan kecepatan dan keamanan chat para pengguna. Telegram sendiri lahir dari sepasang kakak beradik asal Rusia yaitu Nikolai dan Pevel Durov. 

Timeline Perjalanan Telegram
Untuk sejarah singkatnya bisa sobat Absurd lihat di timeline perjalanan Telegram diatas. Telegram dulu memulai debutnya di IOS dan baru mulai masuk di Android pada Oktober 2013. Dan hingga saat ini sudah lebih 100 juta pengguna aktif telegram. Telegram merupakan salah satu medsos populer dan disukai masyarakat dilihat dari perkembangan penggunanya yang dalam waktu 4 tahun saja sudah mencapai angka lebih dari 100 juta pengguna. 

Lalu apa yang membuat telegram bisa berkembang begitu cepat ? 
Seperti halnya sebuah medsos yang harus memiliki karakter dan keunggulan. Hal itu juga dimilki oleh telegram. Dari awal Telegram memang diciptakan untuk memberikan kecepatan dan keamanan dalam chating atau berbagi data. Untuk mendukung hal tersebut maka didalam Telegram ada beberapa fitur yang berbeda dari medsos lainya, dan bisa dibilang menjadi karakter tersendiri bagi medsos telegram.

Fitur-Fitur Telegram

1. Fitur Secret Chat

Fitur Secret Chat inilah yang menjadi keunggulan utama yang menjadi karakteristik telegram dalam hal keamanan. Dan mungkin fiur ini juga yang menjadi faforit para pengguna Telegram. 
Apa itu Fitur Secret Chat ? 
Secret Chat ini sendiri sebenarnya seperti chating biasa. Hanya saja orang yang bisa mengakses dan mengetahui isi chat kita hanyalah Pengirim dan Penerima saja bahkan data chat di fitur secret chat ini pun tidak tersimpan di Telegram, jadi intinya pihak Telegram pun juga tidak akan tahu isi chat kita. Dan tidak hanya itu, dalam fitur secret chat, chat yang ada akan terhapus dalam jangka waktu tertentu, hal inilah yang membuat masalah keamanan di medsos telegram benar-benar terjamin.

2. Nomor Seluler


Untuk fitur yang satu ini seperti yang ada di Whats Up. Sobat Absurd bisa memakai nomor telpon seluler / HP sebagai identitas pengguna. Namun jika Sobat Absurd ingin, maka bisa digunakan nama samaran yang akan menyembunyikan nomor HP anda.

3. Fiitur Grup


Untuk fitur yang satu ini mungkin sudah menjadi fitur sejuta medsos hehe :D. Hampir semua media sosial memiliki fitur grup ini. Namun yang membuatnya berbeda fitur grup di telegram bisa menampung hingga 5000 orang dan lagi-lagi untuk masalah keamanan, isi chat di grup ini pun juga terenkripsi.

4. Fitur Channel


Fitur ini mirip dengan fitur Grup, dan cocok sekali digunakan sebagai media promosi suatu brand atau promosi hal lain karena dalam channel bisa memuat anggota yang tidak terbatas sehingga sangat cocok sekali untuk promosi.

Telegram di Indonesia

Namun dengan layanan keamanan maksimal yang diberikan telegram ternyata menjadi bumerang bagi telegram itu sendiri. Tingkat keamanan telegram yang bahkan tidak bisa dilacak dan sulit diretas membuat beberapa negara tidak mengijinkan penggunaan telegram sebagai media komunikasi warganya dan bahkan Rusia sendiri yang menjadi negeri kelahiran sang pencipta telegram melarang keras penggunaan medsos telegram di negaranya. Hal ini dilakukan karena alasan keamanan negara.


Seperti yang kita tahu Indonesia pun baru-baru ini juga digegerkan oleh hal yang sama. Menurut Jokowi, telegram sendiri memiliki ribuan channel yang memuat konten radikalisme, terorisme, ajaran kebencian dsb. Maka dari itu Pemblokiran Telegram pun diputuskan. Jokowi pun juga menuturkan jika tidak ada rencana pemblokiran untuk media sosial.

Di Indonesia sendiri pengguna telegram pun juga sangat banyak, dan banyak juga tanggapan masyarakat tentang pemblokiran telegram ini. Tentunya dalam keputusan ini banyak suara yang menyatakan setuju dan tidak setuju. Kalo saya sendiri sih setuju jika memang harus dilakukan pemblokiran telegram karena memang tingkat keamanan telegram yang terlalu tinggi. Sehingga percakapan tertentu pun sangat sulit dilacak bahkan oleh intelejen, dan menurutku hal ini juga sangat berbahaya karena bukan ancaman terorisme saja tapi juga bisa dipakai untuk sarana korupsi juga.

Ya itu menurutku sih tapi bagaimana menurut kalian ? Apakah sobat Absurd setuju dengan pemblokiran telegram ini atau malah tidak setuju ?? :D

Telegram dan Ancaman Terorisme

Dikutip dari Tribunnews.com selasa 25 Juli 2017 tentang berita pembolikran telegram ini Kapolri Jendral Tito Karnavian menyampaikan jika jaringan teroris menggunakan telegram untuk berkomunkiasi menggunakan telegram untuk komunikasi dan koordinasi terkait teror di Jl MH Tamrin (14/1/2016), Kampung Melayu (24/5/2017), dan penusukan di masjid Falatehan (30/6/2017).


Telegram yang dinilai sangat aman membuat celah bagi oknum tertentu untuk melakukan hal atau dalam konteks ini adalah aksi terorisme. Ya sebenarnya sangat merugikan juga jika telegram hingga disalahgunakan sampai seperti ini, karena di dalam telegram sendiri juga memiliki banyak konten positif.

Alasan lain mengapa telegram menjadi alat komunikasi favorit para teroris adalah karena kecepatan pengiriman pesan yang cepat, bahkan bisa mengirim pesan multimedia hingga ukuran 1,5 GB dengan cepat. selain itu fitur grup yang aman dan bisa memuat banyak anggota inilah yang menjadikan telegram digemari oknum tertentu untuk memberikan informasi yang menjadi ancaman serius bagi negara Indonesia. 


Kalau menurutku sih memang bener juga jika para oknum seperti itu memakai telegram sebagai sarana komunikasi. Sekarang coba saja kita melihat dari sudut pandang oknum teroris, pasti kita juga akan memilih telegram kan untuk berkomunikasi karena memang aman dan kemungkinan untuk bisa diretas pun juga kecil. Jadi kalau menurutku langkah pemerintah sudah tepat sih untuk memblokir telegram di Indonesia. Kalau menurut sobat Absurd Bagaimana ?? menurut pandangan kalian sendiri ?? Pantas kah telegram di blokir di Indonesia ???

Telegram Di Blokir ? Saatnya Medsos Lokal Untuk Maju !


Namun sebenarnya pemblokiran telegram ini bukanlah sebuah masalah yang besar atau harus dibesar-besarkan :D. Justru sebenarnya ini adalah peluang emas bagi kita sebagai anak bangsa untuk mulai mandiri mulai mengembangkan medsos lokal agar bisa bersaing dan bahkan bisa menggantikan telegram atau bahkan medsos populer lainnya.

Emang kita bisa ? Emang bakal didukung pemerintah ? Paling juga gagal di tengah jalan nantinya 
STOP !! pikiran yang seperti ini. Sekarang tidak perlu jauh-jauh, lihat saja lah teman disekiling kita pasti ada yang sangat jago otak-atik masalah IT dan Coding seperti ini, atau malah sobat Absurd sendiri yang jago Coding dan IT seperti ini. Jadi jika dilihat dari masalah teknis dan SDM nya sebenarnya kita BISA !!! hanya perlu niat saja untuk berinovasi dan berkembang

Masalah di dukung pemerintah atau tidak itu belakangan ! Karena dari apa yang saya lihat dan pelajari di Indonesia ini, jika apa yang kita lakukan itu tidak booming atau tidak hits di kalangan masyarakat luas maka pemerintah  pun juga gak peduli. Tapi jika apa yang kita lakukan ini hingga booming dan hits, percayalah pemerintah akan datang sendiri. Dan sekarang lihat saja kita sudah di era masyarakat internet / netizen. Hal sekecil apapun dapat tersebarluas dengan sangat cepat. Hal inilah yang bisa dimanfaat sebagai media promosi dan pengenalan karya kita nantinya.

Nah jika hal yang kita lakukan sudah ditangkap baik oleh masyarakat luas maka langkah selanjutnya pun akan mudah-mudah saja. Jadi intinya untuk berinovasi hal yang paling utama adalah taklukan dulu hati para netizen. :D.

2 Medsos Lokal Asli Buatan Anak Bangsa Yang Rekomended Banget

Pertanyaannya sekarang adalah apakah sudah ada anak bangsa yang sudah memulai inovasi media sosial lokal ini ? Jawabanya adalah ADA ! 
Berikut ini adalah 3 Medsos lokal ASLI BUATAN ANAK BANGSA yang menurut saya rekomended banget dan sangat pantas untuk dikembangkan lebih dan lebih. 

1. Sebangsa.com

Tampilan Dekstop Beranda medsos lokal Sebangsa 

Media Sosial lokal ini buatan anak-anak Jogja, dan sangat saya rekomendasikan untuk sobat Absurd gunakan. Sebangsa.com memiliki fitur dan gaya yang mirip dengan facebook / twitter. Hanya saja yang menjadi ciri khas dari medsos lokal ini adalah adanya fitur pesan darurat yang bisa digunakan untuk mengirim pesan darurat ke 5 teman terdekatmu jika seaindainya pengguna dalam keadaan, dan situasi darurat. Medsos ini memiliki tampilan / tema yang bener-bener Indonesia banget jadi sangat terasa jika sobat Absurd sedang menggunakan medsos buatan anak bangsa ! yuk bikin akunya di sebangsa.com 

2. Kwikku.com

Tampilan Beranda medsos Kwikku

Kalau media sosial yang satu ini berbeda dengan sebangsa. Hanya saja untuk gaya medsos juga hampir sama sih. Hanya saja kwikku ini adalah medsos lokal yang anak muda banget, jadi cocoklah buat kalian yang masih dalam proses pencarian jati diri hahaha :D. Selain itu menariknya di kwikku ini kalian bisa melakukan aktivitas blogging dan menulis artikel dan jika sobat absurd rajin posting maka akan ada reward berupa Token. Untuk mendapatkan token juga bisa dengan menyelesaikan challange dari kwikku setiap waktunya. Lalu Token kwikku ini buat apa ? Token yang sobat absurd dapatkan bisa ditukar dengan UANG ! Waw udah gak usah mikir banyak-banyak, langsung aja daftar dan buat akunmu di kwikku.com

Penukaran Token

Waktunya Beralih dan Bangga Pakai Medsos Lokal


Nah dua medsos lokal yang saya bagikan itu adalah medsos lokal yang saya gunakan juga jadi nanti bisa cari user ku ya namanya dave pradana hehe :D promosi dikit lah ya siapa tahu ketemu jodoh hahaha. Untuk review singkat kedua medsos lokal tersebut sangat asik dan hingga saat ini masih ramai, dan menurutku gak terlalu boring juga sih karena konten yang sering dikirim oleh para penggunanya rata-rata konten mendidik dan berkualitas semua. Jadi ayo mulailah mencoba kedua medsos tersebut. 

O ya, mungkin saja Sobat Absurd juga punya referensi medsos lokal lain bisa dibagikan saja, atau punya pengalaman dalam menggunakan medsos lokal juga bisa sharing saja supaya bisa kita obrolin bareng-bareng hehe :D. 

Jadi Telegram di Blokir siapa takut !! Medsos lokal lebih asik tau.

Quotes 

" Jika kita punya keinginan yang sangat kuat dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu untuk mewujudkannya " -Ir.Soekarno-

-Absurd But Well-

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.