Tips Membuat Rencana Travelling

Juni 22, 2017
Libur telah tiba. Gak kerasa lebaran sudah dekat, kira-kira sobat absurd pada mudik kemana nih ? punya rencana apa untuk liburan tahun ini ? Kalau aku sendiri sih punya rencana pengen travelling ke Karimunjawa :D haha.

Lebaran memang momen yang sangat pas untuk bisa berkumpul bersama keluarga apalagi lebaran tahun ini spesial karena bareng dengan libur sekolah. Wah pas banget nih buat travelling.


Travelling Ribet ? Gak juga kok 


Ah kalo mau travelling ribet, harus ini itu, pokoknya gak deh. Rugi banget kalau sobat absurd cuma mikir kaya gitu. Nih ya, travelling tu sebenarnya gak ribet. Mau travelling yang dadakan kaya tahu bulat ataupun travelling yang bener-bener direncanakan itu gak ribet banget. Kalau sudah niat pengen travelling ya jangan ragu lagi.

Tips Membuat Rencana Travelling Jauh Hari


1. Tentukan Tujuan 



Yang paling utama tentunya harus tahu dulu tujuan nya kemana. Jika Tanggal travelling sobat absurd masih berminggu-minggu atau berbulan-bulan kedepan itu akan sangat baik untuk bisa menentukan tujuan yang matang dan tidak terburu-buru. Sehingga sobat absurd bisa lebih memahami tentang destinasi yang akan sobat absurd kunjungi. Kalau dari rencana ku sendiri nih aku pengen banget ke Karimunjawa, dan itu sudah ku rencanakan sejak awal liburan ini :D

2. Prediksi Waktu dan Pengeluaran



Jika sudah menemukan tujuan alangkah baiknya juga memprediksi seberapa besar pengeluaran dari perjalanan itu. Analisislah dengan cermat, bayangkan saja sobat absurd sudah siap untuk berangkat dan mulai lah berimajinasi tentang bagaimana sobat absurd akan berangkat, naik apa, makan berapa kali, dan hal-hal lainya juga.
Predikis waktu juga sangat penting untuk membuat jadwal perjalanan, rencanakan lah waktu dengan sebaik mungkin, mulai dari sobat absurd berangkat sampai pulang lagi. Karena hal inilah yang nantinya akan sangat penting saat sudah melakukan perjalanan nanti.

3. Mulai Menabung 



Jika sekiranya prediksi waktu dan pengeluaran sobar absurd sudah matang, mulailah menabung sampai hari Travelling tiba. Menabung juga tidak perlu ribet kok. Misal aku ya minimal sehari harus bisa menyisihkan 5 ribu. Kan lumayan 5 ribu x 30 hari saja sudah 150 ribu kan. Dan ini sobat absurd harus benar-benar serius dan telaten. Tapi kalau menurutku jika orang sudah punya kemauan dan keinginan keras pasti hal ini juga akan mudah dilakukan kok. Nah kalau bisa cari lah juga penghasilan tambahan untuk menambah uang saku kan :D. Ya misal dengan ikut menjadi freelance, atau jualan apa gitu, atau mungkin bisa juga dengan reward lomba-lomba. Kan lumayan, semakin besar uang saku kan kita juga semakin tenang :D haha.

4. Prediksi Kebutuhan dan Resiko Perjalanan



Ini adalah hal yang sangat penting untuk dipikirkan karena menyangkut dengan keamanan sobat absurd sendiri. Sebelum melakukan perjalanan Prediksi lah dulu kubutuhan sobat aburd. Misal jika sobat absurd ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan motor maka siapkanlah motor dengan baik agar bisa dipakai dengan aman saat Travelling nanti. Prediksi Resiko juga sangat penting, seperti tadi jika sobat abusrd berencana travelling dengan menggunakan motor, maka resikonya pasti capek, pegal, dan ngantuk saat dijalan, atau juga bisa ban bocor atau problem motor lain, nah itu harus dipikirkan. Resiko jika prediksi pengeluaran kita tidak sesuai itu juga harus dipikirkan. Intinya selalu siapkan plan B kalian ya :D

5. Buatlah Jadwal / Rundown Perjalanan



Jika semua sudah siap maka jangan lupa juga membuat jadwal perjalanan. Mulai dari jam berangkat sampai dengan jam pulang. Jadwal ini dibutuhkan supaya sobat absurd tidak bingung lagi untuk menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya saat sudah travelling. Isilah jadwal tersebut dengan semua rencana kegiatan sobat absurd yang akan kalian lakukan. Misal jam berapa untuk makan, durasi waktu di setiap tempat wisatanya, jam berapa kembali ke hotel/pulang dsb.



Tips Membuat Rencana Travelling Dadakan


1. Pilih Tempat Dengan Bijaksana

Untuk sobat absurd yang mengadakan travelling dadakan pun tips nya juga hampir sama dengan tips diatas. Hanya saja dalam pemilihan tempat wisata, pilihlah tempat dengan bijaksana, artinya jangan terlalu memaksakan pergi ke tempat yang terlalu jauh dari tempat sobat absurd berada saat itu. cukup pergilah ke tempat yang dekat dengan daerah sobat absurd berada, ya maksimal 2 jam perjalanan lah untuk sampai ke tempat tujuan itu.

2. Atur lah Waktu Sebaik Mungkin

Dengan waktu yang terbatas, maka aturlah waktu sobat absurd dengan sangat bijaksana. Dan usahakan untuk disiplin waktu, artinya jika memang sudah saatnya pulang atau berpindah destinasi maka segeralah beranjak dan jangan mengulur-ulur waktu, karena akan repot dan pastinya akan mengecewakan.

3. Rencanakan Biaya Sesuai Dengan Yang Anda Punya Saat itu

Karena namanya juga Travelling Dadakan pastinya biaya yang dibutuhkan juga harus seminim mungkin. Rencanakan Biaya perjalanan anda sesuai dengan kemampuan sobat absurd saat itu, dan jangan memaksakan diri,


Nah itulah 5 Tips Membuat Rencana Travelling agar kegiatan travelling sobat absurd lancar dan menyenangkan :D. Kembali lagi sebenarnya tujan travelling ini kan untuk bersenang-senang dan sebagai sarana menghabiskan waktu yang baik bersama keluarga ataupun sahabat. Jadi jangan malah menjadi beban bagi sobat absurd. :D yuk travelling mumpung liburan.

Catatanku Catatan Absurd
Quotes
" Semua berawal dari angan, niat, lalu usaha jika mau berhasil"
-Absurd But Well-

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.