Curug Lawe : Surga Tersembunyi Dibalik Gunung Ungaran

Juni 21, 2017
Petualanganku dimulai pagi hari sekitar pukul 08.00. Aku berangkat dari Klaten ke Jogja untuk menjemput rombongan teman-temanku yang akan menemaniku berpetualang ke Ungaran. Ada 7 orang total semua yang akan berangkat ke Ungaran. sampai jogja pukul 09.00 kami sarapan dulu di warung terdekat sampai kurang lebih jam 10.30 kami mulai berangkat menuju Semarang. Mungkin agak bodoh karena aku ke Semarang lewat Salatiga, itu artinya dari Klaten aku ke jogja lalu ke Klaten lagi. Hahahaha Tapi tidak masalah :D

Hari itu tanggal 29 Januari 2017. Kami berangkat ke Ungaran dari Jogja pukul 10.30. Emang sebenarnya kita mau kemana sih ? Nah ini, kita punya rencana untuk explore ke Ungaran tepatnya di Curug Lawe. Kenapa kok Curug Lawe ? karena aku lihat dari instagram banyak spot foto keren yang bisa didapat disitu, dan dari foto itu terlihat kalau curug lawe itu benar-benar cantik. Nah karena itu aku penasaran dan ingin membuktikan langsung kecantikan Curug Lawe Ungaran ini.

Perjalanan kami diawali dengan kejutan kecil, di daerah Jogja ternyata ada razia polisi hahaha :D nah untungnya saja kita semua sudah punya SIM dan semuanya lengkap, jadi ya lolos aja. Meski begitu tidak dipungkiri juga kalau yang namanya liat razia pasti juga deg-degan :D

Rute Menuju Curug Lawe Dari Yogyakarta.

Dari Jogja kami menuju arah Klaten. di Klaten kami berhenti sejenak untuk membeli bekal makanan dan minuman. Dari Klaten kami lanjut lagi menuju arah boyolali kemudian menuju salatiga dengan menggunakan jalan lingkar salatiga (by pass). Jalur ini sangat rekomended banget untuk sobat absurd jika hendak bepergian ke Ungaran, Semarang ataupun jepara dari Boyolali karena dengan menggunakan jalur ini sobat absurd tidak perlu melewati Salatiga Kota jadi bisa lebih cepat dan lebih bebas macet. Dari Jalur lingkar salatiga itu lanjut menuju arah alun-alun ungaran. Nah dari situ sebaiknya sobat absurd bisa mulai memakai GPS karena jalan selanjutnya yang akan dilalui adalah melewati jalan desa, dan jujur saya aja juga sudah lupa haha :D.

Perjalanan kami tempuh sekitar 4 jam hingga akhirnya sampai di curug lawe. Disepanjang jalan menuju curug lawe pun kami juga dimanjakan dengan pemandangan indah dari rawa pening dan gunung ungaran. Benar-benar menyejukan mata.

Biaya Masuk Curug Lawe

Hari itu tanggal 29 Januari 2017. Biaya masuk ke curug lawe hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 5000 dan parkir 3000 jadi total nya adalah 8000 rupiah. Lalu diperhitungkan juga untuk bensin ya dengan referensi motor saya Honda vario. Motor saya isi bensin di Jogja full 30.000 rupiah dan sampai di curug lawe masih sisa 3 batang.

Keindahan Curug Lawe

Setelah membayar tiket masuk maka kami pun langsung saja masuk ke kawasan wisata curug lawe dengan berjalan kaki karena motor memang tidak boleh masuk, ternyata apa yang saya pikirkan bener-bener berbeda. Saya pikir setelah masuk ke kawasan wisata curug lawe kami sudah bisa melihat air terjun di depan mata. Tapi ternyata tidak. Untuk bisa melihat curug lawe ini masih harus dengan perjalan yang cukup jauh melalui medan kaki gunung Ungaran. Ya tidak perlu saya jelaskan lah ya namanya juga kaki gunung pasti bisa membayangkan sendiri tracknya :D.

Perjalanan menuju ke curug lawe ditempuh sekitar 45 menit. Meski terlihat jauh dan melelahkan tapi jangan salah, selama berjalan kaki sobat absurd akan benar-benar dibawa kedalam situasi yang WOW banget. serasa kaya di Hutan belantara, kaya di film kingkong itu :D. Dan jika beruntung Sobat Absurd bisa bertemu dengan monyet atau disana biasa disebut dengan lutung. Pemandangan kaki gunung Ungaran memang membuat perjalanan kami tidak terasa melelahkan sampai akhirnya kami tiba di tujuan kami CURUG LAWE.

wuuu langsung saja tanpa basa-basi kita berfoto ria :D. Waktu itu aku cek jam menunjukan pukul 16.00 dan beruntungnya disitu tidak ada orang lain lagi jadi hanya ada kelompok kami saja. Jadi kami bebas bisa memilih spot foto.

Dan juga sedikit saran buat sobat absurd jika hendak berkunjung kesini sebaiknya bawalah kamera yang waterproof, atau bawa alat waterproofnya karena air dari curug lawe ini sangat deras sehingga percikan airnya itu muncrat kemana-mana hahaha :D. Itulah kenapa foto yang kami ambil pun semua buram karena embun dari curug lawe. Tapi tidak masalah karena melihat langsung itu jauh lebih indah dibandingkan yang ada difoto.

Dan juga di curug lawe ini sangat DINGIN. Yang penting sobat absurd bawa handuk saja, karena jika ke curug lawe saya jamin pasti kalian basah :D. Dan juga jaket selalu dijaga agar tetap kering, supaya nanti ketika pulang paling tidak masih ada penghangat.

Setelah dirasa sudah bener-bener kedinginan kami pun pulang. Saya cek lagi jam menunjukan pukul 17.00. kami segera kembali ke tempat parkir sebelum gelap. setengah perjalanan menuju tempat parkir hujan deras turun,memaksa kami berteduh dulu. Sambil berteduh kami bercanda bersama tertawa bersama dan semua itu membuat semua rasa lelah kami sirna. pukul 17.30 kami pergi dari tempat parkir menuju jogja lagi.

Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa dan menyenangkan. Saya sangat merekomendasikan curug lawe kepada sobat Absurd. Jadikan curug lawe ini kedalam list perjalanan kalian :D dijamin gak akan rugi. Semua rasa lelah akan benar-benar terbayarkan saat berkunjung ke curug lawe ini.

Quotes
" Sesuatu yang indah itu tidak akan mudah dicapai "