Teknologi Masa Depan : Cara Membuat Diri Menjadi Tidak Terlihat

Januari 09, 2018
Halo sobat absurd, setelah sekian lama akhirnya ada kesempatan lagi buat berbagi informasi, hehe ya maklumi aja ya, kuliah memang sibuk haha :D. 

Di post kali ini saya pengen mengajak sobat absurd untuk sedikit berimajinasi tentang masa depan. Kira-kira teknologi apalagi ya yang akan ada di masa depan, gimana sobat absurd sudah bisa membayangkan belum ? 

Saya yakin sobat absurd sudah pernah melihat bunglon, kalo bunglon pasti identik dengan kamuflase kan, merubah warna tubuhnya menjadi tak terlihat. Pernah gak sih membayangkan kalo seandainya kemampuan bunglon tersebut dimiliki oleh manusia ? haha. Di masa saat ini memang istimewa karena banyak hal yang kita anggap tidak mungkin akhirnya tercipta karena kemajuan teknologi.

Membuat Diri Menjadi Tidak Terlihat

Kemampuan bunglon tersebut ternyata saat ini memang sudah bisa diterapkan kepada manusia lo. Loh masa sih, berarti kita bisa jadi tidak terlihat dong ? 

Ya benar sekali, saat ini sudah ada teknologi yang mampu membuat kita menjadi tidak terlihat alias invisible. Teknologi tersebut adalah Quantum Stealth Camouflage. 

Teknologi Quantum Stealth Camouflage, Source by www.hyperstealth.com

Hyperstealth


Pasti penasarankan kok bisa, bagaimana cara membuat diri kita menjadi tidak terlihat ? 
Quantum Stealth Camouflage adalah sebuah teknologi yang diteliti dan dibuat oleh sebuah perusahaan besar bernama Hyperstealth.



Hyperstealth sendiri merupakan sebuah perusahaan dari Kanada yang bergerak di bidang militer dalam hal pembuatan desain tampilan kamuflase pada seragam, alat dan kendaraan militer. sudah hampir 2 juta seragam dan 3000 kendaraan dan peralatan militer di seluruh dunia yang menggunakan desain kamuflase mereka.

Contoh Produk Hyperstealth
Hyperstealth sendiri mulai mengembangkan teknologi ini sejak tahun 2008, dan mulai merilis dokumentasi video dan foto teknologi quantum stealth camouflage pada tahun 2010 pada sebuah presentasi bersama dengan militer Amerika Serikat.

Nah sebenarnya teknologi ini udah jadul juga ya haha. Mungkin karena memang dasarnya adalah di bidang militer jadi untuk publikasinya ke masyarakat sedikit tertutup jadi tidak banyak yang membahas teknologi ini. Namun di website hyperstealth sendiri juga sudah mulai mempublikasikan teknologi quantum stealth ini sejak 2012 lalu. cek aja di http://www.hyperstealth.com/Quantum-Stealth/ 

Teknologi Quantum Stealth Camouflage 


Teknologi ini sendiri diterapkan dalam bentuk pakaian. Untuk ilustrasi quantum stealth ini seperti jubah menghilang milik Harry Potter, dimana setiap orang yang memakainya akan menjadi tidak terlihat. Wuusss keren ya.



Kira-kira sobat absurd kalo punya jubah ini mau dipakai buat apa ? :D hahaha. 

Nah dengan alasan keamanan untuk saat ini produk ini memang belum di komersilkan, dan bahkan saking rahasianya, sistem kerja dari Quantum Stealth Camouflage ini juga tidak dibahas secara detail. Ya mungkin untuk mencegah duplikasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kali ya. Sekarang bayangin aja kalo benda seperti ini bisa didapatkan dengan mudah, apa yang akan terjadi pada dunia.

Beberapa keunggulan dalam Quantum Stealth Camouflage ini selain bisa membuat tubuh kita tidak terlihat, bahkan juga bisa membuat panas tubuh dan bayangan kita juga tidak terlihat. Hyperstealth sendiri berani memberikan klaim bahwa teknologinya mampu membuat 95% diri kita menjadi tak terlihat. Selain itu teknologi ini tidak membutuhkan energi (listrik, bateri,dsb) dan ringan digunakan. Memang sangat cocok digunakan di medan pertempuran sih.

Penggunaan Quantum Stealth Camouflage di Bidang Militer



1. Jika pesawat tertembak kemudian sang pilot melakukan eject dari pesawat, nah dengan mudah sang pilot bisa langsung bersembunyi di wilayah musuh sambil menunggu bantuan.

2. Pada pertempuran jarak dekat dan musuh membawa sandera. Pasti sangat sulit jika prajurit harus bertempur sekaligus menjaga sandera agar tetap selamat. Untuk itu dengan teknologi ini prajurit bisa mendekati dan melumpuhkan musuh dengan mudah dan mengurangi resiko keselamatan terhadap sandera

3. Digunakan pada kendaraan tempur seperti pesawat, tank dan kapal selam. Dimana musuh hanya bisa mendengar suaranya saja tapi tidak bisa melihat posisi kendaraan tempur dengan pasti karena tersembunyi dengan teknologi Quantum Stealth Camouflage, bahkan panas yang dihasilkan kendaraan tempur juga tidak akan terlihat di radar ataupun thermal vision.

Tambahan :
Selain di militer sebenarnya teknologi ini juga bisa diterapkan di dunia kesehatan. Yaitu dengan diterapkan menjadi sarung tangan para ahli bedah, karena saat melakukan pembedahan / operasi kadang pandangan mata akan tertutup oleh tangan, sehingga dengan digunakan sarung tangan dengan teknologi ini maka mata ahli bedah akan tetap bisa melihat meskipun tertutup oleh tangan.

Sistem Kerja Quantum Stealth Camouflage


Ilustrasi pembelokan cahaya



Untuk sistem kerja Quantum Stealth Camouflage ini sendiri tidak dijelaskan secara detil oleh hyperstealth. Namun prinsip yang digunakan adalah dengan melakukan pembelokan cahaya, sehingga cahaya akan berbelok mengitari obyek yang membuat obyek menjadi seakan tidak terlihat.

Teori ini ternyata juga menjadi bahan penelitian Purdue University di Indiana, Amerika Serikat. Tim peneliti tersebut justru memberikan ilustrasi yang sedikit lebih dimengerti oleh orang awam.

Profesor Andrew Weiner memberikan ilustrasi pembelokan cahaya itu ibaratkan kita berdiri ditengah aliran air sebuah sungai, maka air sungai akan mengalir mengitari kita.kemudian bagian belakang punggung kita akan menjadi area dimana tidak ada air karena tertutup tubuh kita.

Nah area yang tidak ada airnya itu yang diibaratkan menjadi obyek yang hilang. misal kalau masih bingung dengan penjelasan absurd saya mending bisa langsung cek aja deh di SISTEM KERJA QUANTUM STEALTH CAMOUFLAGE

Kalo masih bingung juga saya berikan video ilustrasi tentang pembelokan cahaya :




Nah jadi kira-kira seperti itu sobat absurd. Tinggal menunggu waktu aja sih sampai teknologi ini benar-benar dikomersilkan (semoga saja). 

QUOTES

" I believe it When I don't see it " 
-Absurd But Well-

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.